Cara Menanam Cengkeh Supaya Cepat Berbuah

Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah itu menyerupai apa sih ? Cengkeh menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting dalam perdagangan. Karena itulah banyak dari petani yang membudidayakan salah satu jenis rempah-rempah ini. Di Indonesia, tumbuhan cengkeh banyak ditemui di banyak sekali kawasan Sulawesi menyerupai Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara. Bahkan cengkeh bukan hanya untuk memenuhi seruan dari pasar lokal, namun juga untuk luar negeri. Maka tidak heran kalau banyak petani cengkeh yang mencari cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah. 

Cengkeh merupakan jenis tumbuhan yang sangat cocok berada di kawasan yang mempunyai iklim panas serta curah hujan yang merata. Kisaran suhu yang baik untuk cengkeh kira-kira 22 hingga 30 derajat Celcius dan dengan curah hujan antara 1500 - 4500 mm per tahunnya. Pada kawasan yang mempunyai potensi berangin kencang tidak dianjurkan untuk membudidayakan tumbuhan cengkeh, alasannya yakni tidak cocok.

 menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting dalam perdagangan Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah


Mungkin banyak dari anda yang menginginkan tumbuhan cengkehnya sanggup segera berbuah. Karena hal tersebut menjadi salah satu duduk perkara bagi petani cengkeh. Dan untuk mengatasinya dengan cara memperlihatkan pupuk. Namun bagi anda yang gres ingin memulainya, berikut beberapa langkah cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah yang sanggup anda coba :


Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Penyemaian bibit Cengkeh


Sebagai tahapan sebelum cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah, sanggup dilakukan penyemaian bibit dulu. Pilihlah bibit cengkeh yang mempunyai kualitas bagus, berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman, dan kulit buahnya dikupas dengan perlahan jangan hingga terluka. Lalu direndam hingga ± 24 jam di dalam air. Setelah itu dicuci sambil digosok dan diaduk dalam air. Lakukan 2-3 kali pembersihan hingga lendir benar-benar hilang. 

Baca Juga : Cara menentukan bibit cengkeh berkuaitas tinggi



Gunakan tanah dengan kondisi gembur yang dicampur pupuk sangkar sebagai media tanam, dan diisikan ke dalam polybag. Setelah itu, cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah yakni media tanam disiram dan lakukan penyemaian dengan posisi benih yang agak meruncing di atas kemudian tutup dengan tanah. Benih yang manis akan tumbuh kurang dari 3 minggu. 

 menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting dalam perdagangan Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Pastikan kelembaban terjaga, penyiraman dilakukan dengan hati-hati jangan hingga merusak posisi bibit. Tempatkan pada lokasi teduh yang berpotensi terkena sinar matahari sebanyak 25%. Untuk melaksanakan penanaman pada lokasi yang sudah ditentukan, perlu menunggu hingga berusia sekitar 1-2 tahun. 


Bibit Cengkeh Yang Siap Tanam 

Penanaman Bibit Cengkeh


Cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah yang benar yaitu bersihkan lahan yang sudah disiapkan dari rumput ataupun gulma terlebih dahulu. Tanah dibajak kemudian digaruk hingga tanah menjadi gembur dan diberi pupuk kandang. Buat juga drainase tanah. Diamkan hingga beberapa hari supaya tanah menjadi subur. Buat lubang tanam, jarak tanamnya sekitar 8 x 8 meter. Penanaman dilakukan dengan perlahan, kemudian ditutupi tanah yang dicampur pupuk kandang. 



Perawatan Pohon Cengkeh



Cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah yang juga tidak kalah penting yaitu perawatan. Lakukan perawatan secara intensif dari usia tanam 1 hingga 4 tahun. Bersihkan lokasi sekitar tumbuhan dari gulma dengan mencangkulnya secara rutin. Selain itu santunan pupuk dilakukan secara berkala. Selama dua tahun pertama, lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali. Dan sebaiknya gunakan pupuk NPK Grand-S 15 sebanyak 1,5 kg untuk setiap pohonnya. 



Pupuk tersebut dibenamkan mengelilingi pohon cengkeh dengan lebar sama dengan lebar tajuk. Pupuk yang dipakai tersebut terdiri atas Nitrogen, Phospor serta Kalium. Ketiga unsur tersebut mempunyai tugas yang penting dan sanggup memenuhi kebutuhan dalam pertumbuhan dari tumbuhan cengkeh. 


 menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting dalam perdagangan Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Bagi anda yang tinggal menunggu masa panen, lakukan perawatan dengan baik menyerupai yang sudah disebutkan pada point di atas. Tahapan perawatan dilakukan secara rutin dan tepat. Selain itu, lakukan juga tahapan terhadap pengendalian penyakit yang sanggup menyerang tumbuhan cengkeh. Dengan melaksanakan hal tersebut, maka pertumbuhan dari tumbuhan cengkeh tidak terhambat. Semoga langkah-langkah cara menanam cengkeh semoga cepat berbuah di atas bermanfaat.

0 Response to "Cara Menanam Cengkeh Supaya Cepat Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel