Cara Menentukan Cengkeh Berkualitas Tinggi

Cengkeh pertama kali dipopulerkan di tiongkok. lalu tersebar di wilayah arab dan ketika portugis tiba dan menguasai perdagangan, cengkeh dibawa portugis ke spanyol dank e banyak sekali negara di eropa, hingga lalu hingga lah cengkeh tersebut ke maluku. dari situlah lalu cengkeh menjadi salah satu rempah yang banyak dijumpai di indonesia hingga dikala ini. tumbuhan ini hanya bisa tumbuh di tanah yang subur dengan iklim yang sedang, tetapi bisa juga di pegunungan tempat tropis.

Memilih bibit cengkeh yang baik sangat perlu sekali sebab sangat menunjang pertumbuhan bibit cengkeh tersebut dan hasil cengkeh yang maksimal , Di sini saya menyebarkan ilmu mengenai bibit cengkeh. Untuk menentukan bibit cengkeh yang baik sebaiknya kita benar-benar tau dari biji yang berkualitas serta teknik penyemaian dan perawatan yang tepat.

 Cengkeh pertama kali dipopulerkan di tiongkok Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi


Memilih Bibit Cengkeh Yang Baik


Perlu di ketahui dulu kebanyakan masyarakat tempat kami kecerdikan daya bibit cengkeh ada dua jenis yaitu cengkeh zanzibar dan cengkeh ambon, semua kualitas baik tergantung individu lebih suka yang mana , Sebagai ciri cengkeh zanzibar berbatang merah, bertangkai merah , sedangkan cengkeh ambon batang dan tangakai berwarna ijo,

Dilihat dari awal lagi penyemaian bibit cengkeh sebaiknya di tempat yang teduh sebab bibit cengkeh kurang tahan terhadap suhu udara panas , untuk proses perawatan sebaiknya pemupukan di lakukan maksimal 1 - 1,5 bulan sekali dan penyemprotan sebaiknya 1 bulan sekali

Dari hasil inilah maka kita akan tau bagaimana bibit cengkeh yang baik , pada pada dasarnya bibit cengkeh yang baik batang yang lurus dan kokoh , daun yang lebar serta kelihatan berair , sudah bercabang dalam ukuran polibek tinggi 40-50 cm , tidak ada penyakit. 

Bibit Cengkeh Zanzibar Memiliki Ciri - Ciri :

  • Pucuknya berwarna merah muda hingga merahagak hijau
  • Daun yang bau tanah permukaannya berwarna hijau bau tanah , mengkilap dan licin
  • Jumlah bunga tiap tros rata rata 11 s/d 30 biji
  • Jika sudah pada masa petik , warna bunga agak kemerahan.

Cengkeh merupakan salah satu tumbuhan herbal kekal yang berbentuk kecil. tumbuhan ini juga merupakan jenis tumbuhan tahunan, dua tahunan, dan tumbuhan yang berusia pendek.

Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi

Sebenarnya, cirri-ciri tumbuhan cengkeh berbeda-beda sebab cengkeh merupakan tumbuhan yang mempunyai spesies yang sangat banyak, dan masing-masing spesies cengkeh mempunyai cirinya masing-masing. akan tetapi, secara umum cirri-ciri cengkeh sanggup diketahui, menyerupai jenis daun trifoliate yang biasanya terdiri dari 5-7 biji daun tertutup, mempunyai stipula adnate yang merajut ke tangkai daun, dan mempunyai kepala bunga dengan ukuran kecil berwarna merah, ungu, putih, atau kuning.

Jenis-Jenis Cengkeh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cengkeh mempunyai banyak jenis, tetapi jenis cengkeh yang paling utama hanya ada tiga, yaitu;

Cengkeh Putih

yakni jenis cengkeh yang mempunyai warna daun kekuningan, cabang yang pertama kali muncul biasanya akan cepat mati, tetapi akan muncul cabang yang gres pada ukuran sekitar 1-2 meter. mempunyai bentuk lingkaran dengan daun dan cabang yang tidak begitu rindang, dan mempunyai 16 kuntum bunga.

Cengkeh Katak

Adalah jenis cengkeh dengan warna daun yang hijau kekuning-kuningan, mengkilap, dan cenderung licin. mempunyai tandan bunga sekitar 20 hingga 50 kuntum. cengkeh katak merupakan cengkeh yang paling gampang mengikuti keadaan terhadap lingkungan manapun dibandingkan dengan jenis cengkeh lainnya.

Cengkeh Zanzibar

Adalah jenis cengkeh yang mempunyai daun yang sangat rimbun, tingginya sangat rendah hal ini terbukti dari jarak antara cabang pohon dengan tanah terbilang dekat. daun cengkeh ini biasanya berwarna merah muda ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi hijau bau tanah ketika sudah tua. mempunyai tangkai yang panjang dan kuntum pada cabang bunga ketika matang mencapai 50 buah.

 Cengkeh pertama kali dipopulerkan di tiongkok Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi
Cengkeh Zanzibar

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh pun bermacam-macam. di antara keuntungannya yakni manfaat untuk kesehatan. di dunia kesehatan, cengkeh disebut-sebut bisa mengobati banyak sekali penyakit,,seperti :
  • Sakit gigi
  • Sinusitis
  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Masuk angin
  • Sakit kepala,
  • Radang lambung
  • Batuk
  • Terlambat haid
  • Rematik
  • Campak.

tumbuhan cengkeh juga ternyata mempunyai sifat antiseptic dan analgesik.


0 Response to "Cara Menentukan Cengkeh Berkualitas Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel