Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung

Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung ; Hal ini sangat mungkin lantaran metode ini didukung dengan teknologi modern dan juga dengan sistem perawatan yang sangat ketat. Vanili dikala ini harganya sangat fantastis yang dapat bikin ngiler semua petani. 

Tanaman ini sangat di buru oleh para pedagang ekport import. Sebab selain harganya yang sangat mahal kebutuhan akan vanili dunia sangatlah banyak seiring dengan kebutuhan pangan. Tak heran bila kebutuhan akan vanili setiap harinya sangatlah banyak.

Menanam vanili di lahan sempit yaitu satu solusi buat kita yang hidup di perkotaan atau untuk yang hanya memiliki lahan yang kurang luas. Berikut ini akan sedikit membuatkan tips dan trik cara  budidaya vanili di lahan sempit.

 Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung  Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung

Hal-hal Yang Perlu Disiapakan Menanam Vanili Di Lahan Sempit


Persiapan Lahan 


Dalam hal ini tentu lahan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Jika dalam budidaya vanili dengan metode tradisional kita di sarankan memakai tajar pohon dadap atau mlanding (pete cina) namun di sini kita memakai tiang ata tajar paralon (Boleh paralon PVC atau paralon besi). 

 Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung  Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung
Gbr. Google image ; Lilit paralon dengan sabut


Penanaman tajar berjarak antara 50cm sampai 70cm tergantung luas lahan. Kemudian lubangilah di setiap tajar dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm fungsi dari lubang ini yaitu untuk meletakkan pupuk organik (pupuk kandang) dan juga daerah menanam vanili nantinya. Setelah lubang di beri pupuk organik langkah selanjutnya yaitu diamkan lubang tersebut jangan di tutup selama kurang lebih satu minggu.

Ini di lakukan semoga pupuk tersebut menyatu dengan tanah. Kemudian sehabis tamat proteksi pupuk organik dalam lubang, siapkan tiang di setiap sudut lahan guna memasang paranet atau yang sejenis guna melindungi tumbuhan vanili dari sengatan matahari langsung.

Persiapan Pembibitan


Dalam mempersiapkan bibit vanili yang masuk kategori hibrida perlu diperhaatikan bahwa yang akan kita jadikan bibit tersebut yaitu usia vanili harus minimal 1 th, alasannya yaitu batang yang sudah berusia 1 th akan menghasilkan vanili dengan kualitas super.

 Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung  Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung
Gbr, Google web ; Bibit vanili

Selain usia harus minimal 1 th wajib juga menentukan batang yang sehat dan besar lantaran akan sangat menunjang jumlah produksifitas panen vanili nantinya. Panjang pemotongan bibit vanili usahakan kisaran 50 cm sampai 70 cm, hal ini dapat dilakukan sehabis pemilihan dan pemangkasan sulur vanili sudah 4 - 5 minggu, di mana di tanddai dengan adanya tunas gres di ketiak daun.

 Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung  Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung
Gbr. Google image ; Pemotongan akar 

Kemudian potonglah akar-akar yang ada di batang vanili semoga tumbuh akar-akar yang gres sehingga dapat merekat besar lengan berkuasa pada tajar atau paralon.

Penanaman Vanili


Waktu yang sempurna dikala menanam vanili yaitu pada waktu pagi hari sebelum jam 10 pagi. lantaran bila melebihi jam 10 pagi akan menggangu kinerja akar sebagai pencari makanan guna pertumbuhan vanili tersebut.

Setelah bibit vanili di masukan dalam lubang yang sudah kita persiapkan tadi, tutup lubang dengan tanah yang sudah di aduk dengan pupuk organik untuk menambah materi makanan bagi vanili itu sendiri. Perawatan Vanili Setelah Tumbuh sangatlah di butuhkan alasannya yaitu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Vanili dikala ini yaitu emas hijau bagi para petani, jadi buat anda yang dikala ini sedang tergiur dengan harganya yang selangit ada baiknya anda bulatkan tekad untuk budidaya tumbuhan vanili ini. Dari pengalaman yang sudah ada vanili akan berbuah sehabis 3 tahun, dari awal tanam bila anda merawatnya dengan sangat intensif.

Semoga ini bermanfaat dan silahkan baca artikel lainnya di , komentar dan kritik sangat admin harapkan. Terimakasih sudah berkunjung...

0 Response to "Cara Menanam Vanili Di Lahan Sempit Bikin Untung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel