Cara Pemupukan Padi 60 Hari Panen

Cara Pemupukan Padi biar 60 Hari Panen para petani perlu memperhatikan apa saja jenis pupuk yang harus di pahami dan bagaimana pengelolaan lahan yang benar, sehingga akan mempercepat pertumbuhan padi sesuai dengan targaet 40 hari panen. Banyak sekali jenis pupuk di pasaran, yang pada dasarnya semua anggun namun ada yang sangat mayoritas yang wajib di terapkan dalam pemupukan padi. Adapun takaran pemupukan untuk seluruh tumbuhan padi sawah untuk satu hektar yaitu, 500 kg petroganik, 270 kg Phonska, serta 180 kg pupuk UREA.


Atau sanggup juga pupuk UREA dikurangi menjadi 135 kg dan ditambah pupuk ZA sebanyak 90 kg. Jadwal pemupukannya yaitu saat tumbuhan padi sudah berumur 1-2 minggu, biasanya sehabis tumbuhan padi mulai menghijau. Kalau tidak ada pupuk jenis tersebut, anda sanggup memakai UREA saja dulu, kemudian sanggup ditambah untuk pupuk susulan.

Untuk pupuk susulan sanggup diberikan sehabis tumbuhan padi berumur sekitar 1 bulan dengan pupuk PHONSKA takaran 150 kg dan 50 kg pupuk UREA per hektar. Waktu pemupukan tumbuhan padi yang benar yaitu sebaiknya jangan terlalu pagi, kira-kira jam 8-10 pagi saat embun sudah menghilang. Kalau tidak pagi sanggup juga sore sekitar jam 5. Selain itu juga harus diperhatikan kondisi cuaca, contohnya isu terkini hujan tiba, maka kalau isu terkini hujan pemupukan ditahan dulu biar pupuk yang kita tebarkan tidak sia-sia.

 Hari Panen para petani perlu memperhatikan apa saja jenis pupuk yang harus di pahami dan  Cara Pemupukan Padi 60 Hari Panen

Tunggulah hingga kondisi cuaca stabil dan kering. Jika ada pemikiran air irigasi yang masih hidup biar ditutup dulu saat hendak memperlihatkan pupuk pada tumbuhan padi sawah ini. Kaprikornus pada pada dasarnya pemupukan padi ini kondisi sawah harus kering untuk sementara waktu.

Kenapa pupuk urea sangat di kurangi lantaran konsentrasi urea yaitu pada pembentukan daun sehingga kalau daun padi sehat maka sanggup di kategorikan padi pun sehat. Selain pemupukan padi yang benar wajibb di ketahui maka panen padi yang sempurna pun wajib di ketahui, biar hasil padinya sanggup maksimal baik dari bobot hingga pada kualitas padi itu sendiri.

Pemanenan gabah yang ideal dilakukan bila :
  • Sudah 90 % masak fisiologis,artinya 90 % gabah telah berubah warna dari hijau menjadi kuning. 
  • Bila dihitung dari masa berbunga, telah mencapai 30-35 hari. 
  • Bila dihitung dari semenjak sebar hingga umur sesuai dengan deskripsi varietas. 
  • Keringkan sawah kira-kira 1 ahad menjelang panen,agar memudahkan pelaksanaan panen. 
Sekian cara pemupukan padi 60 hari panen semoga bermanfaat..

0 Response to "Cara Pemupukan Padi 60 Hari Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel