Cara Menanam Cabai Rawit Semoga Hasil Melimpah

Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah : Cabe rawit ialah tumbuhan berbatang keras yang masuk kategori tumbuhan holtikultura, cabai sangat banyak di konnsumsi masyarakat indonesia walau rasanya sangat pedas, nah justru hal ini lah yang menciptakan masyarakat indonesia sangat menggemari tumbuhan cabai rawit ini. Dalam hal kebiasaan makan bagi masyarakat indonesia cabai sudah menjadi satu kewajiban sebagai embel-embel bumbu kuliner atau bisa disebut dengan penyedap masakan.

Sedulur saya yakin juga sangat menyukai pedasnya cabai rawit ini sabagai penambah nafsu makan. bagi para pecinta rasa pedas jikalau makan tanpa ada cabai tentu kuliner tersebut terasa hambar, serasa ada yang kurang dalam menikmati kuliner yang dihidangkan. Apalagi jikalau kita sedang makan mie atau makan kuliner yang berkuah, jikalau tak ada sambal cabai rawit yang bisa bikin wajah kita berkeringat terasa ada yang kurang.

 Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah  Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah

Harga cabai rawit ketika ini sangat fatastis , di banyak sekali tempat tertentu bisa menembus harga di luar nalar, harga yang melambung banyak di pengaruhi oleh faktor sedikitnya materi baku (kurangnya cabai rawit) di pasaran sedangkan peminat cabai rawit ini sangat banyak. Makan bakso tak sedap jikalau tak ada sambal yang pedas. 

Cara menanam cabai rawit bukan sesuatu yang sulit jikalau kita mengetahui tata cara dalam hal tanam-menanam. Tanaman yang selalu mengalami harga fantastis ini sangat layak di budidayakan, walau harga nya tak sefantastis harga vanili yang menembus harga jutaan dalam perkilonya namun tumbuhan ini layak juga untuk di budidayakan sebagai penopang kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Cara Menanam Cabe Rawit.

Cara menanam cabai rawit tidaklah sulit, hanya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan semoga apa yang kita harapkan cabai rawit berbuah lebat dan hasil melimpah ini bisa terwujud. Hal yang perlu diperhatikan tersebut ialah sebagai berikut.

  • Pemilihan Lahan atau Lokasi tempat menanam cabai rawit
Kenapa ini harus diperhatikan ?, alasannya kondisi tanah dan juga kebutuhan hidup tumbuhan cabai rawit bisa terpenuhi. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lahan ialah :

  1. Lokasi tanah 200 - 300 meter diatas permukaan laut, alasannya di ketinggia inilah cabai rawit akan bisa tuhbuh dengan lebat dan melimpah.
  2. Sebagaimana tumbuhan yang lain cabai rawit sangat membutuhkan suhu antara 24 hingga 27 derajat sebagai suhu ideal tumbuh kembang nya.
  3. Selalu memperhatikan kelembapan tanah sekitar tumbuhan cabai rawit tersebut semoga tetap setabil
  4. Tanah harus penuh dengan undur hara bisa di sawah,peladangan atau pekarangan rumah sedulur semua.
  5. Yang sangat perlu diingat ialah bahwa cabai rawit sangat membutuhkan sinar matahari secara eksklusif sebagai sarana pembakaran materi makanan, jadi bersihkan tumbuhan yang bisa menggangu sinar matahari tersebut
  6. PH tanah harus antara 5 hingga 7 dalm ukuran ini tanah dalam keadaan netral tidak asam.
Setelah semua terpenuhi selanjutnya kita masuk dalam poin berikutnya 

  • Pengolahan Media Tanam
Langkah ini tentu wajib diperhatikan alasannya imbas yang akan di timbulkan sangat luar biasa bagusnya sehingga wajib sedulur mengikuti langkah-demi langkah nya.

  1. Penggemburan Tanah ; hal ini bisa dilakukan dengan cara mencangkulnya atau membajak lahan baik dengan tenaga binatang atau tenaga mesin, sehabis lahan sudah digemburkan maka diamkan dalam kurun waktu 2- 5 hari.
  2. Untuk tanah yang ukuran netral-nya dibawah 5 maka harus di netralkan dulu hingga ph tanah hingga 5 - 7 dengan cara menaburkan kapur dolomite dan diamkann selamma semingu semoga kapus tercampur tepat dengan tanah.
  3. Campurkan pupuk sangkar atau pupuk organik dengan perbandingan 1 ton per hektar semoga kebutuhan hara dalam tanah terpenuhi.
  4. Pemupukan ini juga harus di diamkan selama seminggu semoga pupuk bercampur tepat dengan tanah.
  5. Buatlah bedengan dengan lebar  1 meter dan luas 30 cm untuk pajang bedengan sesuaikanlah dengan lahan yang ada.
  6. Jarak anatara bedengan satu dengan yang lainnya usahakan 60cm hinggga 80 cm sebagai jalan dalam merawat cabai rawit.
  7. Tutup dengan mulsa  plastik kemudian buat lubang dengan kaleng susu denan jarak 50cm atau 60 cm.
  8. Diamkan lahan sehabis di tutup mulsa plastik selama satu ahad sebelum sedulur menanaminya.
  • Penyemaian Bibit Cabe Rawit
Sebelum sedulur meyemai bibit cabai rawit ada baiknya sedulur menentukan bibitnya dengan bibit yang berkualitas atau biasa disebut dengan bibit hibrida. Setelah itu rendamlam bibit dengan POC Nasa dengan dosis setiap satu tutup POC Nasa campur dengan satu liter air hangat untuk merangsang pertumbuhan kecambah lebih cepat.

Setelah bibit berkecambah maka semaikan cabai rawit dengan posisi menghadap ke timur, jadi area penyemaian melajur kearah timur dan barat, kemudian beri naungan dari plastik. 

 Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah  Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah
Gbr. Google Image : Penyemaian bibit Cabe Rawit


Untuk media penyemaian tanah harus di campur dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:3 (1 Pupuk 3 Tanah). Masukkan media tadi kedalam polybak ukuran 4x 6 cm. Kemudian masukkan bibit yang sudah berkecambah tadi kedalam polybak. 

  • Cara Menanam Cabe Rawit Ke Lahan Bedengan
Cabe rawit yang disemai dan sudah berumur 4 ahad atau satu bulan biasanya sudah siap untuk di pindahkan kelahan tanam. Pilihlah tumbuhan yang subur dan bebas hamma dengan ciri berdaun hijau segar dengan jumlah daun setiap batang 2 hingga 6 daun.

Yang perlu diperhatikan ialah tanamlah bibit cabai rawit dengan melepaskan polybak dengan hati-hati dan lakukan di pagi hari sebelum jam 9 dan sore hari sehabis jam 3:30 , hal ini untuk menghindari layu atau mati bibit tersebut. 

Perawatan cabai rawit sangat diharapkan , misalkan ada yang mati maka perlu penyulaman atau pemupukan 

  • Pemanenan Cabe Rawit
Cabe rawit akan siap panen jikalau suddah berumur 60 hingga 80 hari sehabis tanam, pemanenan sanggup dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, namun panenlah hanya yang sudah renta saja tapi jangan terlalu renta . Kemudian simpan di tempat sejuk dan kering untuk mengindari wangi dan berjamur.

Demikian tadi cara menanam cabai rawit semoga bermanfaat, untuk bisa mendapat buah yang lebat sedulur bisa baca artikel Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat, Selamat bertani semoga kesannya berlimpah dan untuk banyak . Salam sedulur tani.

0 Response to "Cara Menanam Cabai Rawit Semoga Hasil Melimpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel