Cara Menciptakan Briket Dari Tongkol Jagung


Jagung merupakan materi makanan pokok kedua sehabis padi bagi kita orang Indonesia pada umumnya. Daerah di Indonesia yang berbudaya mengkonsumsi jagung, antara lain Madura, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dsb. Seiring dengan kebutuhan jagung yang cukup tinggi, maka akan bertambah pula limbah yang dihasilkan dari industri pangan dan pakan berbahan baku jagung. Limbah yang dihasilkan diantaranya yaitu tongkol jagung dan umumnya tongkol jagung dipergunakan sebagai pakan ternak sapi, ataupun di kawasan pedesaan tongkol jagung ini sanggup dimanfaatkan sebagai materi bakar pada tungku tradisional.

Secara garis besar, briket arang dari tongkol jagung ini disebut briket boiarang, dibentuk dengan dirubah bentuk dan ukurannya dengan cara dipress dan menggunakan gabungan perekat. Penggunaan perekat bertujuan semoga ikatan antar partikel arang menjadi semakin kuat. Bahan utama untuk pembuatan arang diantaranya yaitu tongkol jagung, dan untuk perekat kita sanggup menggunakan tepung kanji dan tepung sagu. 


 Jagung merupakan materi makanan pokok kedua sehabis padi bagi kita orang Indonesia pada um Cara Membuat Briket Dari Tongkol Jagung


Beriku Proses Pembuatan Briket Dari Tongkol Jagung :


 Jagung merupakan materi makanan pokok kedua sehabis padi bagi kita orang Indonesia pada um Cara Membuat Briket Dari Tongkol Jagung

  • Bersihkan tongkol Jagung dan pastikan sudah kering.
  • Tongkol jagung yang sudah kering dimasukkan ke kompor pengarangan(reaktor karbonisasi).
  • Tumbuk dan ayaki (sortasi/pemilahan) Arang Tongkol Jagung.
  • Campurkan arang yang dihasilkan dari pembakaran tongkol jagung dengan perekat (bisa dengan lem kanji).
  • Siapkan Cetakan Briket (bisa dari pipa paralon).
  • Tongkol jagung dicetak.
  • Pengeringan (bisa dengan menjemur di bawah sinar matahari selama 1-2 hari).


Pengemasan Briket Dari Tongkol Jagung .


Briket Bioarang merupakan salah satu alternatif materi bakar yang cukup berkualitas. Bahan bakar ini sanggup dimanfaatkan dengan teknologi sederhana, tetapi panas (nyala api) yang dihasilkan cukup besar, cukup kondusif dan tahan lama. Bahan bakar ini cocok digunakan untuk para pedagang atau pengusaha yang membutuhkan pembakaran terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Pembuatan briket mempunyai beberapa laba antara lain proses produksi dengan menggunakan materi baku murah yaitu tongkol jagung yang biasanya dibuang, proses produksi relatif gampang dan tungku yang digunakan untuk briket bioarang ini tungku dan sanggup dibentuk sendiri. Selain itu dengan adanya pengolahan tongkol jagung menjadi briket arang ini sanggup meningkatkan nilai tambah dari tongkol jagung yang tadinya hanya dibakar eksklusif atau dibuang. 

Briket arang yang dihasilkan sanggup dijual ataupun digunakan dalam skala rumah tangga sebagai materi bakar alternatif. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Menciptakan Briket Dari Tongkol Jagung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel