Cara Gampang Menanam Anggur Dengan Pot

Tanaman anggur merupakan tumbuhan yang indah dengan buah bergelantungan di dahan-dahan kecilnya, namun tahukah anda tumbuhan anggur ini selain sanggup di tanam di kebun juga sanggup ditanam di dalam pot..

Pemandangan yang indah tersebut sanggup kita ciptakan disekitar lingkungan rumah kita, tentunya dengan cara-cara sesuai dengan hukum yang benar serta memahami huruf tumbuhan tersebut supaya tidak malas berbuah.




Salah satu kelebihan menanam anggur di dalam pot ini kita sanggup membentuk tumbuhan tersebut seindah mungkin, dengan membentuk percabangannya apalagi ditambah dengan munculnya buah-buah yang kelihatan segar.

Walaupun tujuannya untuk menghiasi lingkungan rumah atau dijadikan tumbuhan hias namun buah yang dihasilkan sanggup dimakan juga, dan tidak hanya itu saja kelebihannya, tumbuhan anggur dalam pot yang sudah berbuah dan mempunyai bentuk yang indah akan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dibanding bibit anggur yang hanya ditanam di polybag saja dan tidak berbentuk.


Menanam Anggur Dengan Menggunakan Pot


Langkah awal sesudah adanya bibit kita memilih pot yang akan digunakan, perlu diingat, alasannya yaitu tujuan kita membuat keindahan tumbuhan hias maka pot harus yang bagus dan baik, sperti pot semen, pot plastic, atau pot tanah. Diameter permukaan pot harus lebih besar daripada permukaan bawah atau sama besarnya.

Namun dari banyak sekali macam jenis materi pot yang lebih baik untuk tumbuhan anggur yaitu pot yang berbahan dasar tanah, hal ini cukup baik pengaruhnya bagi tanaman, alasannya yaitu pot dari materi dasar tanah mempunyai pori-pori pada potongan dasarnya yang sanggup menyerap air.

Sehingga akar tumbuhan tidak gampang kekeringan apabila terlambat menyiram dan tidak akan lebab apabila terlalu banyak air penyiraman, maka gunakan lah pot yang terbuat dari tanah. Untuk menunjang keindahan tanaman, pot dari materi dasar tanah ini kini banyak yang mempunyai ukiran-ukiran elok pada potongan luarnya.
Media tanam yang digunakan untuk tumbuhan anggur di dalam pot harus sesuai dengan karakteristik tanaman. Media tanam yang cocok untuk anggur yaitu pasir dan pupuk kandang, kenapa pasir? Karena pasir gampang ditembus oleh akar tumbuhan aggur.

Sebelum dimasukan kedalam pot pasir dan pupuk sangkar diaduk terlebih dahulu. Untuk lebih bagus lagi sepertiga potongan bawah pot diisi oleh tanah gembur, supaya menghambat keluarnya air dari pot.

Langkah selanjutnya yaitu menanam ke dalam pot. Pertama masukan pecahan kerikil bata atau genting pada dasar pot, kemudian masukan media tanam yang sudah dicampur rata, isi pot hingga hampir penuh. Kemudian buat lubang tanam ditengahnya lebih besar sedikit dari polybag yang digunakan bibit.

Selanjutnya polybag dilepas dan masukan bibit tersebut pada lubang yang telah disediakan, atur posisi tumbuhan semoga kelihatan tegak, selanjutnya tutup permukaan dengan media tanam lagi.

Kemudian siram tumbuhan tersebut, saat simpulan penyiraman maka permukaan tanah akan menurun hingga 5 cm dari bibir pot, hal ini terjadi alasannya yaitu pemadatan media tanam. Selanjutnya simpan tumbuhan tersebut di kawasan yang terkena sinar matahari secara penuh.

Perawatan Anggur Dalam Pot


Perwatan yang dilakukan pada tumbuhan anggur yang ada di dalam pot sama halnya menyerupai merawat anggur yang ditanam di kebun. Namun, perawatan tidak sesulit yang dilakukan di kebun. Hal-hal perlu diperhatikan dalm merawat tumbuhan anggur dalam pot ini antara lain:


  • Penyiraman. Untuk melaksanakan penyiraman tumbuhan anggur dalam pot dilakukan setiap hari, dan waktunya pada sore hari. Kemudian pada waktu penyiraman harus hati-hati supaya percikan air tidak merusak media tanam yang berupa pasir dan pupuk sangkar yang gampang bergerak apabila terkena air, jangan hingga merubah posisi akar.


  • Pemberian Ajir. Fungsi ajir pada tumbuhan anggur sangat penting, semoga bibit anggur tumbuh lurus. Ajir sanggup berupa kayu atau bilah bamboo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 m. ajir ini hanya berfungsi sebagai penyangga bibit hingga datang waktu pemangkasan pertama.

Pada awal penanaman, bibit anggur diikat longgar dengan ajir. Dalm pertumbuhannya, tumbuhan anggur dengan sendirinya akan tumbuh memanjat dengan proteksi sulur.

Untuk memperoleh cabang yang menarik, pohon anggur harus diberi penopang yang berfungsi sebagai panjatan. Panjatan ini ditanam di dalam pot, berupa bilah bambu setebal 2 cm dengan panjang 1,5 m yang berupa lilitan kawat. 

Satu pot diberi empat bilahan bambu yang ditancapkan dipinggir pot. Penopang bambu ini akan mengakibatkan tumbuhan anggur dalam pot sanggup dilihat dari banyak sekali arah. Bentuk percambahannya pun sanggup diatur sehingga sanggup berbentuk lingkaran menyerupai bola, slinder, atau paying.

Pemupukan. Tanaman angggur yang gres ditanam dalam pot sanggup diberi pupuk urea, takaran yang diberikan cukup satu sendok makan. Pupuk tersebut diberikan setiap dua ahad sekali hingga tumbuhan berumur tiga bulan.Setelah berumur tiga bulan, pupuk yang diberikan d

0 Response to "Cara Gampang Menanam Anggur Dengan Pot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel